Friday, December 7, 2018

Kelebihan Mengamalkan Surah Yasin Setiap Hari.

Surah yasin merupakan salah satu surah yang terdapat didalam Al-quran nur Karim. Surah Yasin mempunyai banyak kebaikannya. Banyak kelebihan mengamalkan surah Yasin setiap hari. Surah Yasin adalah surah yang mempunyai segudang keistimewaan dan termasuk sebagai surah Makkiyah. Surah yasin mempunyai 83 ayat yang mencakupi ayat-ayat pendek dan mampu mengikat dan menggetarkan hati orang-orang mukmin yang membaca, dan mendengarya termasuklah orang-orang yang dipenuhi dengan perasaan dengkin dan dendam.



Ayat-ayat didalam Surah yasin mengandungi dan menyentuh tentang banyak perkara antara nya ialah :


  • menyatakan tentang keimanan pada Allah S.W.T beserta sifat-sifatnya dan tentang malaikat -malaikatnya yang setia beserta tugas-tugasnya.
  • Menyatakan tentang keimanan Al-quran beserta hadith-hadtih yang mencakupi ilmu yang diterapkan dalam kehidupan seharian seperti moral, perilaku baik , perbuatan mulia dan lain-lain.
  • Menyatakan tentang kekuasaan , keberkahan dan kemuliaan Allah SWT yang tidak pernah terbatas untuk siapa saja yang percaya dan mencintaiNya.
  • Menyatakan tentang kisah -kisah nabi , termasuk nabi Isa AS bersama penduduk Anthakiyah dan lain-lain.
  • Menyatakan tentang Keimanan pada hari akhirat , tentang syurga dan neraka agar manusia menyedari bahawa hidup hanya sementara .


Banyak sebenarnya kebaikan mengamalkan membaca surah yasin setiap hari . Antaranya ialah :

#1.Melindungi Dari Kejahatan.
       - membaca surah yasin setiap hari dapat menolak kejahatan yang sedang akan terjadi. Allah SWT akan melindungi dari kejahatan tersebut dengan cara yang kita sendiri tidak tahu.


#2. Mententeramkan Hati dari rasa cemas
- Membaca surah yasin merupakan cara untuk pulihkan hati agar sentiasa tenang, tenteram jiwa dan dapat mengusir rasa cemas dan atkut terhadap sesuatu yang tidak terlihat atau dapat menghalau rasa takut pada kezaliman


sesuai dengan Firman Allah SWT bahwa “Orang orang yang beriman hati mereka akan tenteram dengan mengingat Allah SWT . ingatlah hanya dengan mengingatiNya maka hati menjadi tenteram.”(QS. Ar-ra’du :28)”



#3. Menurut sabda Nabi Muhammad saw, siapa membaca surah Yaasiin(Yasin) satu kali, sama dengan membaca Alqur’an sampai khatam(selesai)sepuluh kali, siapa membiasakan membaca surah Yaasiin setiap malam sampai mati, maka termasuk mati syahid.
#4. Jika dibaca pada waktu pagi, maka memperoleh kegembiraan sampai sore, dan jika dibaca disore hari maka dapat gembira sampai pagi.
#5. Jika anda ada maksud kepada pembesar supaya berhasil, maka bacalah surah yaasiin dari rumah sebanyak 25 kali, maka insya Allah berhasil.
#6. Jika dibacakan untuk orang yang akan meninggal dunia, maka tidak akan dicabut nyawanya selagi ia belum didatangi malaikat Ridwan dengan maksud memberi kegembiraan kepada orang yang akan meninggal tersebut.
#7. Jika dibacakan pada mayat di dalam kubur maka diringankan siksanya, jika ditulis dan dilebur air, lalu diminum, sama dengan meminum seribu obat.
#8. Khasiatnya lagi adalah dapat dipergunakan sebagai pengobatan sakit panas, caranya dibaca sekali, setiap sampai pada lafadz “MUBIIN” dengan mengikat benang sekali sampai tujuh, kemudian diikatkan pada bahu kanannya orang yang sakit panas, maka insya Allah sehat kembali.

semoga sama-sama kita dapat amalkan dan info ini bermanfaat untuk semua. insyaAllah..

No comments: